PEMASARAN

TEORI

1.1. Strategi Merek

1.1.1. Definisi Merek

American Marketing Association (Kotler & Keller, 2009:258) mendefinisikan merek sebagai nama, istilah, tanda, lambang, atau desain, atau kombinasinya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa dari salah satu penjual atau kelompok penjual dan mendiferensiasikan mereka dari para pesaing.

1.1.2. Peran Merek

Menurut Kotler & Keller (2009:259), merek memiliki fungsi bagi perusahaan sebagai berikut:

  1. Menyederhanakan penanganan atau penelusuran produk.
  2. Membantu mengatur catatan persediaan dan catatan akuntansi.
  3. Menawarkan perlindungan hukum kepada perusahaan untuk fitur-fitur atau aspek unik produk. Bagi perusahaan, merek mempresentasikan bagian properti hukum yang sangat berharga, dapat mempengaruhi konsumen, dapat dibeli dan dijual, serta memberikan keamanan pendapatan masa depan yang langgeng. Read more……….

===========================================================================

STUDI KASUS

Profil Philips Lighting

Koninklijke Philips Electronics N.V. (Royal Dutch Philips Electronics Ltd.), biasa dikenal sebagai Philips didirikan pada tahun 1891 ketika Anton dan Gerard Philips mendirikan Philips & Co di Eindhoven, Belanda. Perusahaan ini mulai memproduksi lampu karbon-filamen dan pada pergantian abad, telah menjadi salah satu produsen terbesar di Eropa. Dirangsang oleh revolusi industri di Eropa, laboratorium penelitian pertama Philips mulai memperkenalkan inovasi pertamanya di x-ray dan teknologi radio. Selama bertahun-tahun, daftar penemuan telah berkembang, juga banyak terobosan yang terus memperkaya kehidupan sehari-hari.

Periode
Jenis Produk
1891-1915
Dari Light Revolution menuju Product Evolution
Philips adalah salah satu produsen terbesar di Eropa yang memulai dengan membuat lampu karbon-filamen dan. Pada tahun 1914 Philips mendirikan sebuah laboratorium penelitian untuk mempelajari fenomena fisik dan kimia, serta merangsang inovasi produk.

1915-1925
Innovation and Diversification: X-rays and Radio Reception
Pada tahun 1918, Philips memperkenalkan tabung sinar-X medis. Hal ini menandai awal diversifikasi berbagai produk perusahaan dan ketika itu mulai melindungi inovasi dengan hak paten di daerah yang membentang dari radiasi X-ray untuk penerimaan radio.

Read more…..

Comments are closed.
%d bloggers like this: